Minggu, 07 April 2013

Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

Sebelum ke tujuan dari mempelajari ilmu alamiah dasar, kita perlu tahu dulu apa sih itu ilmu alamiah  dasar (IAD) ?  
IAD atau Ilmu Alamiah Dasar merupakan suatu cabang Ilmu Pengetahuan yang sangat mendasar yang mengkaji gejala-gejala pada alam semesta, termasuk muka bumi dan segala isinya dan segala sesuatu yang terjadi di dalamnya. Manusia merupakan salah satu objek pembahasan dalam ilmu alamiah dasar. Banyak hal yang dapat dibicarakan dengan manusia sebagai objeknya, seperti sifat dasar manusia, perkembangan alam pikiran manusia, perkembangan manusia itu sendiri, dan lain-lain.

Sekarang kita sudah tahu apa itu IAD dai penjelasan di atas. Maka, kita dapat mengetahui tujuan mempelajari ilmu alamiah dasar.  Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Umum adalah agar dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
Selain itu, tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar yaitu  untuk menciptakan atau mendidik generasi muda agar mampu menjadi calon pemimpin masa depan yang cerdas ,terampil dalam memanfaatkan gajala-gejala alam yang terjadi agar bermanfaat untuk masyarakat , berbudaya, dan mampu berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah ,IAD juga bertujuan menciptakan mahasiswa yang  yang memahami  dan mampu mengatasi masalah dalam interaksi di masyarakat , menciptakan kehidupan yang harmonis diantara seluruh kehidupan,serta menciptakan manusia yang bertanggung jawab atas hak dan kewajibannya  sebagai warga negara  dan juga agar  mahasiswa mampu memahami, menganalisa seluruh  gejala-gejala yang terjadi, dan mempersiapkan diri  menghadapi semua  gejala tersebut,utamanya gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat.

Disamping tujuan yang telah dikemukakan, Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) mempunyai fungsi antara lain :
([Hari Purnama, 2003: 4] atau [H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998: vi])
1)Mengembangkan apresiasi IPA dan teknologi kepada mahasiswa non – eksakta.
2)Mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu dan profesi pada mahasiswa non – eksakta.

Menurut Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya Ilmu Alamiah Dasar bahwa ruang lingkup IAD adalah sebagai berikut :
1) Alam semesta dan tata surya.
2) Bumi
3) Asal mula kehidupan bumi.

Sedangkan H. Abu Ahmadi dan A. Supatmo mengelompokkan ruang lingkup IAD ke dalam lima pokok bahasan yaitu :
1) Kelahiran alam semesta.
2) Masalah tata surya.
3) Bumi
4) Asal mula kehidupan di bumi.
5) Perkembangan variabilitas

Source :
1. http://andyinis-journal.blogspot.com/2012_05_01_archive.html
2. http://ayaput.blogspot.com/2010/10/pengertian-ilmu-alamiah-dasar.html
3. http://hindudiskusi.blogspot.com/2012/04/ilmu-alamiah-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar