Jumat, 15 November 2013

Chatting (Psikologi & Teknologi Internet)

Chatting, bisa dipastikan banyak sekali orang yang pernah menggunakan fitur / program ini saat menggunakan internet. Di kota besar apalagi ya, kayaknya agak mustahil orang tidak pernah menggunakan program ini.Sebelum lebih lanjut, Chatting adalah salah satu  fasilitas untuk berkomunikasi antar sesama pemakai internet dengan menggunakan media tulis secara online dan real time. Atau Chating adalah hubungan komunikasi antar pengguna komputer dalam Internet secara online yang umumnya berupa teks.

Chatting juga banyak macamnya teman-teman, ada yang bisa digunakan di handphone atau di Comuputer. di handphone, ada  eBuddy yang di dalamnya ada beberapa program chatting seperti  MSN, Yahoo!, AIM dan Google talk dan facebook.






Sekarang ini banyak macam aplikasi chatting yang bisa di akses dengan mendownload gratis di smarthphone teman-teman, seperti :

1. whatsapp 






Cara menggunakan WhatsApp tentunya dimulai dengan mendownload aplikasi ini di Playstore, Appworld dsb di handphone teman-teman. Lalu, instal dengan memasukkan nomor handphone yang teman-teman pakai. Kemudian Aplikasi akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS dan mengkonfirmasi otomatis jika nomor yang teman pakai sudah menerima kode sms. Aplikasi WhatsApp akan mendata otomatis phonebook teman-teman untuk menunjuk siapa saja yang di phonebook teman yang menggunakan WhatsApp.Daaaan teman-teman dapat memulai percakapan dengan meng-klik teman yang akan dituju.


2. Line

Line, ini adalah aplikasi milik negara Jepang. Cara pemakaiannya kurang lebih sama dengan WhatsApp.Lebihnya si Line terletak pada banyaknya emoteicon dan bisa free call dengn sesama penggunanya,tapi menggunakan koneksi data internet yang di hubungkan ke server mereka.







4. Kakaotalk
Kakaotalk, caranya sama juga seperti Whatsapp dan Line. Kelebihan Kakaotalk adalah tidak ada iklan yang bikin ganggu saat menggunakan aplikasi ini, lalu privasi kita juga akan terjaga karena kakotalk memiliki fitur passcode lock, dan kita dapat menyimpanya menggunakan fitur back up dan mengirim data tersebut ke e-mail kita.




5. WeChat

Ini dia WeChat, cara penggunaan sama jug seperti WhatsApp, Line dan Kakaotalk. WeChat adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent di Cina. Kelemahan WeChat adalah group di batasi hanya 40 orang saja.Suara pesan suara yang kita kirim selalu tersimpan di handphon, daaaan belum adanya fitur untuk melakukan copy dan paste.




6. BBM (Blackberry Messenger)
 Nah, ini dia aplikasi heboh 2013 yang bikin pengguna bb sesungguhnya miris melihat Apple, Samsung, Oppo, Sony, Lenovo bahkan Mitto!!! jadi makin bisa "segalanya" *nyeriiiiii* :))). Cara pemakaian BBM di bb tentu saja gampang, yang penting punya bb berarti kita sudah mendapatkan fitur ini otomtis di bb kita hehe. Bagaimana dengan android, ios atau PC? Caranya download lah terlebih dahulu, lalu ikuti tahapannya mudah kok. setelah mendapat pin dari si bbm, invite lah pin teman yang kalian tahu dan ingini untuk menjadi anggota di kontak bbm teman-teman sekalian.oh iya,Mengundang teman baru ke daftar kontak dapat dilakukan tidak hanya melalui PIN saja. Kini pengguna bisa melakukannya dengan menggunakan barcode, e-mail, SMS, dan NFC. Jika sudah ada kontak, mulai lah percakapan. Apabila pesan berhasil dikirim, maka akan ada ikon bertuliskan huruf D (delivered). Jika sudah dibaca, ikon tersebut akan berubah menjadi huruf R (read). 


Sebenarnya masih banyak sekali fitur-fitur chatting lainnya yang bisa kita pakai, walaupun hanya beberapa yang saya paparkan semoga bermanfaat. Oh iya teman-teman banyak manfaat chatting yang bisa kita peroleh salah satunya sebagai sarana belajar dan diskusi atau menambah teman. Tetapi, jangan lupa kalau chatting juga punya dampak negatif yang bisa membuat kita menyia-nyiakan waktu. Untuk itu sebaiknya kita dapat mengontrol penggunaan fasilitas chatting dengan sebaik mungkin agar tidak mengganggu kegiatan kita yang lebih penting dan dapat menghargai waktu.

Kelompok 4:





Tulisan ketiga Psikologi & Teknologi Internet 
Rifdaturahmi (16512334)
2 PA 01





Source: 
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/pengertian-chatting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar